Tahukah Kamu Berapakah Luas Lapangan Sepak Bola?

Kategori

Vivagoal Situs Berita Bola Terkini-Sepak bola merupakan jenis olahraga bola kaki yang terdiri dari sebelas pemain inti dan di adu antara dua tim kesebelasan dengan cara memperebutkan bola untuk dimasukkan kedalam kandang lawan.

Luas Lapnagn Sepak Bola


Di dunia olahraga ini mulai digemari baik orang dewasa maupun anak – anak karena permainan ini sangat menarik. Untuk lapangan yang digunakan pun tersedia khusus untuk permainan sepak bola saja. Lapangan ini berbentuk persegi panjang dan mempunyai alas rumput berwarna hijau, baik rumput yang sudah tertanam asli ataupun rumput sintesis.

Ukuran lapangan sepak bola disetiap negara biasanya berbeda tetapi untuk sebuah kompetisi sudah diatur standarisasinya. Namun semua itu dibuat sesuai dengan standar FIFA yaitu dengan panjang lapangan minimum 90 meter dan untuk maksimalnya 120 meter. Sedangkan untuk lebar minimumnya 45 meter dan maksimumnya 90 meter.

Berbeda dengan ukuran 12 bola resmi piala dunia lapangannya, untuk ukuran tinggi dan lebar gawang sepak bola semua sama untuk setiap lapangan dengan standar internasional yaitu, dimensi lebar gawang berukuran 7, 32 meter, dimensi tinggi 2,44 meter, titik pinalti 11 meter dari gawang dan garis gawang luar sepanjang 40,3 meter x 16,5 meter.

Untuk sisi kana dan kiri lapangan dibatasi antara wilayah permainan dan wilayah luar yang ditandai dengan garis lapangan. Pada bulan Maret tahun 2008, IFAB membuat standardisasi ukuran lapangan sepak bola.

Lapangan sepak bola yang dipakai untuk pertandingan internasional, disebut harus memiliki ukuran 105 meter x 68 meter. Akan tetapi, pada pertemuan selanjutnya, khusus IFAB disepakati bahwa penerapan standardisasi ini akan ditunda dahulu, menunggu penghitungan dan kesepakatan oleh seluruh anggota tim sepak bola di tingkat internasional.

Setelah membahas sedikit tentang luas lapangan sepak bola disini Vivagoal Situs Berita Bola Terkini saya juga akan sedikit mempaparkan tentang waktu normal lama pertandingan sepakbola. Waktunya yaitu 2 × 45 menit plus injury time pada masing-masing babak, dimana pada 45 menit pertama akan diberikan waktu istirahat selama lima belas menit.